Jumat, 23 Juli 2010

Sejarah Singkat Perpustakaan SMP 1 SRAGI

Pada awalnya Perpustakaan SMP 1 Sragi dikelola hanya sebatas mengadministrasikan buku ke dalam buku induk dan belum memenuhi standar pengelolaan perpustakaan, selebihnya sebagai gudang penyimpanan buku. Tenaga yang ada pun belum memiliki latar belakang pendidikan di bidang ilmu perpustakaan dan belum memiliki sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan, pengelola berasal dari guru dan tenaga tata usaha yang ditunjuk Kepala Sekolah. Oleh karenanya dapat dipahami bahwa peran perpustakaan dalam mendukung proses kegiatan pembelajaran dan pengajaran di sekolah masih jauh dari yang diharapkan.

Pada tahun 1990 Perpustakaan SMP 1 Sragi mulai berbenah diri dengan mendatangkan 2 (dua) orang Pustakawan dari Perpustakaan Daerah Tingkat I Provinsi Jawa Tengah agar memenuhi standar pengelolaan perpustakaan dan dapat berperan maksimal dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Namun tidak ada dana yang cukup untuk melaksanakan program kegiatan perpustakaan.

Sejak tahun 2007 mulailah ada perhatian terhadap perpustakaan dengan memberikan kesempatan kepada tenaga perpustakaan untuk mengikuti kursus perpustkaan, mengikutsertakan training/diklat, workshop dan seminar perpustakaan dalam peningkatan kualitas sumber daya tenaga perpustakaan. Namun masih banyak persoalan yang dihadapai perpustakaan sekolah, seperti minimnya anggaran, minimnya koleksi, dan terbatasnya sarana dan prasarana.

Walaupun masih banyak kekurangan tetapi Alhamdulillah pada bulan Juni 2010 perpustakaan SMP 1 Sragi mendapat Juara I Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten Pekalongan dan pada bulan Juli 2010 mendapatkan Juara II Lomba Perpustakaan Tingkat eks Karesidenan Pekalongan dan akan diikutsertakan dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2010, jika tidak ada perubahan jadwal. Keberhasilan ini berkat dukungan dari berbagai pihak, baik dari Kepala Sekolah sebagai penyelenggara perpustakaan sekolah, Koordinator/Pengelola dan Tenaga Pustakawan, Wakil Kepala Sekolah, Kurikulum, Guru Mapel, Peserta Didik, Dinas Pendidikan serta Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah yang memberikan bimbingan dan arahan pengelolaan perpustakaan, dan lain-lain.

Ke depan, semoga Perpustakaan SMP 1 Sragi akan lebih bak dari sekarang, mampu menjalankan perannya secara maksimal dalam mendukung proses pembelajaran dan pengajaran di sekolah, dikelola secara profesional sehingga memberikan dampak signifikan terhadap prestasi siswa di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koleksi Perpustakaan