Senin, 26 Juli 2010

PRESTASI PERPUSTAKAAN SMP 1 SRAGI

PRESTASI YANG DIPEROLEH
PERPUSTAKAAN SMP 1 SRAGI















1. JUARA 1 TINGKAT KABUPATEN PEKALONGAN

2. JUARA 2 TINGKAT EKS KARESIDENAN PEKALONGAN


TATA TERTIB PERPUSTAKAAN

PETUGAS PERPUSTAKAAN

PETUGAS PERPUSTAKAAN SMP 1 SRAGI


Wiwik Praptiwi, S.Pd.
Pengelola Perpustakaan









Ratono
Urusan Teknis / Administrasi











Bekti Winarsih
Urusan Pelayanan / Referensi

STRUKTUR ORGANISASI


STRUKTUR ORGANISASI PERPUSTAKAAN
SMP 1 SRAGI

Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Sekolah SMP 1 Sragi Kabupaten Pekalongan

Fungsi dan Tujuan Perpustakaan Sekolah SMP 1 Sragi Kabupaten Pekalongan antara lain :
  1. menyediakan bahan-bahan pustaka (koleksi) yang dapat memperluas, memperdalam serta memperkaya pengetahuan yang didapat di dalam kelas.
  2. membantu peserta didik dalam mencari informasi atau melaksanakan penelitian sederhana yang dapat memperluas pengetahuan dan menambah pengalaman.
  3. membantu peserta didik dalam rangka pengembangan bakat, minat kegemaran serta ketrampilan.
  4. memupuk kebiasaan membaca.
  5. membantu kelancaran proses kegiatan pembelajaran di sekolah.
  6. mewujudkan peserta didik yang melek informasi, mampu belajar secara mandiri, dan memiliki karakter senang belajar sepanjang hayat.

Program Kerja Perpustakaan SMP 1 Sragi Kabupaten Pekalongan

Derasnya arus informasi yang tersebar begitu banyak dan cepat di segala bidang di dewasa ini, maka tugas sekolah tidak cukup hanya menyampaikan ilmu pengetahuan dari guru kepada peserta didik yang terdiri dari beberapa mata pelajaran saja. Tetapi juga memberikan kesempatan pada anak didik untuk ikut aktif dalam usaha membuka pikirannya, mengembangkan semua jenis bakat yang ada dan memperluas wawasan pengetahuan yang dapat diperoleh di Perpustakaan.

Perpustakaan sekolah diadakan atau diselenggarakan adalah untuk membantu para siswa mengasah otak, mempertajam tingkat pemikiran, memperluas dan memperdalam pengetahuan serta melahirkan kecakapan dan kecekatan. Perpustakaan sekolah juga membantu para siswa dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Dengan kata lain, perpustakaan sekolah merupakan satu kesatuan integral (terpadu) dengan alat-alat pendidikan yang lain.

Tujuan pembuatan program perpustakaan :
  1. Sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Sebagai alat kontrol apakah pelaksanaan sesuai dengan program
  3. Sebagai alat/bahan evaluasi kegiatan
A. JANGKA PENDEK
  1. Menyusun Program Perpustakaan Sekolah
  2. Menyusun RAB Perpustakaan
  3. Layanan Perpustakaan : peminjaman dan pengembalian buku
  4. Administrasi Perpustakaan secara umum
B. JANGKA MENENGAH
  1. Penyediaan Sarana Prasarana
    • Pengadaan buku perpustakaan, majalah, tabloid dan koran
    • Pengolahan bahan pustaka (inventarisasi, katalogisasi, labeling dan perlengkapan buku)
    • Perabot (rak koran dan tabloid)
2. Perawatan Sarana dan Prasarana Perpustakaan
  • Perbaikan buku rusak / penjilidan
  • Pemberian kamfer / kapur barus
  • Penyampulan buku
  • Perawatan taman bacaan
C. JANGKA PANJANG
  1. Membangun Ruang Audio Visual
  2. Membangun WC Perpustakaan
  3. Pembelian software Sistem Informasi Manajemen (SIM) Perpustakaan
  4. Study Banding

Jumat, 23 Juli 2010

Prolog

Dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3 menyatakan : "Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab".

Sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan pemenuhan tuntutan pendidikan, maka setiap satuan pendidikan baik formal maupun non formal harus menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan dan menyesuaikannya dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik.

Pendidikan dinyatakan tepat guna dan berhasil guna, jika pendidikan tersebut dapat merangsang dan melibatkan peserta didik dalam proses berfikir, mencari, menemukan, mengolah dan menyimpulkan sendiri dengan menggunakan sumber belajar yang tepat. salah satu sumber belajar adalah Perpustakaan, yang juga memiliki karakteristik positif karena memungkinkan para tenaga pendidik dan peserta didik memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam ilmu pengetahuan yang ada di perpustakaan.

Sebagaimana yang diamanatkan undang-undang republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka perpustakaan SMP 1 Sragi berupaya ingin mewujudkan masyarakat sekolah (peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan) yang melek informasi, mampu belajar secara mandiri, dan memiliki karakter senang belajar sepanjang hayat untuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan kualitas kehidupan agar dapat merubah nasib menjadi lebih baik.

VISI DAN MISI

VISI :

Memberdayakan Potensi Perpustakaan Dalam Meningkatkan SDM Berkualitas yang Berdasarkan IPTEK dan IMTAQ

MISI :
  1. Membantu kelancaran proses kegiatan pembelajaran dan pendidikan di sekolah
  2. Mengembangkan dan mendayagunakan perpustakaan
  3. Menyelenggarakan layanan perpustakaan

Sejarah Singkat Perpustakaan SMP 1 SRAGI

Pada awalnya Perpustakaan SMP 1 Sragi dikelola hanya sebatas mengadministrasikan buku ke dalam buku induk dan belum memenuhi standar pengelolaan perpustakaan, selebihnya sebagai gudang penyimpanan buku. Tenaga yang ada pun belum memiliki latar belakang pendidikan di bidang ilmu perpustakaan dan belum memiliki sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan, pengelola berasal dari guru dan tenaga tata usaha yang ditunjuk Kepala Sekolah. Oleh karenanya dapat dipahami bahwa peran perpustakaan dalam mendukung proses kegiatan pembelajaran dan pengajaran di sekolah masih jauh dari yang diharapkan.

Pada tahun 1990 Perpustakaan SMP 1 Sragi mulai berbenah diri dengan mendatangkan 2 (dua) orang Pustakawan dari Perpustakaan Daerah Tingkat I Provinsi Jawa Tengah agar memenuhi standar pengelolaan perpustakaan dan dapat berperan maksimal dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Namun tidak ada dana yang cukup untuk melaksanakan program kegiatan perpustakaan.

Sejak tahun 2007 mulailah ada perhatian terhadap perpustakaan dengan memberikan kesempatan kepada tenaga perpustakaan untuk mengikuti kursus perpustkaan, mengikutsertakan training/diklat, workshop dan seminar perpustakaan dalam peningkatan kualitas sumber daya tenaga perpustakaan. Namun masih banyak persoalan yang dihadapai perpustakaan sekolah, seperti minimnya anggaran, minimnya koleksi, dan terbatasnya sarana dan prasarana.

Walaupun masih banyak kekurangan tetapi Alhamdulillah pada bulan Juni 2010 perpustakaan SMP 1 Sragi mendapat Juara I Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten Pekalongan dan pada bulan Juli 2010 mendapatkan Juara II Lomba Perpustakaan Tingkat eks Karesidenan Pekalongan dan akan diikutsertakan dalam Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Juli 2010, jika tidak ada perubahan jadwal. Keberhasilan ini berkat dukungan dari berbagai pihak, baik dari Kepala Sekolah sebagai penyelenggara perpustakaan sekolah, Koordinator/Pengelola dan Tenaga Pustakawan, Wakil Kepala Sekolah, Kurikulum, Guru Mapel, Peserta Didik, Dinas Pendidikan serta Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah yang memberikan bimbingan dan arahan pengelolaan perpustakaan, dan lain-lain.

Ke depan, semoga Perpustakaan SMP 1 Sragi akan lebih bak dari sekarang, mampu menjalankan perannya secara maksimal dalam mendukung proses pembelajaran dan pengajaran di sekolah, dikelola secara profesional sehingga memberikan dampak signifikan terhadap prestasi siswa di sekolah.

Koleksi Perpustakaan